Recent

Game Jadul Lagi "FF Tactics" PS ONE



Final Fantasy Tactics, merupakan game berjenis seperti front mission yang pernah saya bahas sebelumnya. Di game ini kita akan berperan sebagai Ramza yang merupakan seorang keluarga beoluve. ayahnya seorang pahlawan perang yang memiliki 4 anak dari 2 istri. Ramza anak pertama dari istri kedua sang ayah, ketiga dari empat bersaudara.
Sebagai keluarga bangsawan, Dycedarg dan Zalbaag Beoulve, dua kakak Ramza, memiliki pengaruh besar dalam kekuasaan di kerajaan, terutama si sulung, Dycedarg. Ibu dari dua kakak Ramza itu berdarah biru sedang Ramza dan Alma, adik perempuannya, memiliki ibu dari kalangan biasa. Pada akhirnya, Ramza dan Alma memiliki hubungan kakak beradik yang lebih erat.
Dycedarg adalah tipe orang yang haus kekuasaan dan memiliki rencana untuk menjadikan Beoulve sebagai penguasa kerajaan sementara Zalbaag merupakan kesatria yang taat dan setia pada sang kakak tanpa mengetahui berbagai rencana dan tindakan jahat yang didalangi oleh Dycedarg, termasuk di antaranya adalah > meracuni ayah mereka hingga mati >. Singkat cerita, keluarga Beoulve terlibat pada perang besar perebutan kekuasaan yang dikenal sebagai War of the Lions. Ramza, yang dianggap terlalu naif oleh banyak kalangan bangsawan dan telah diusir dari keluarga Beoulve, berhasil mengetahui bahwa perang ini hanya sebuah rekayasa pihak ketiga yang memiliki kepentingan sendiri –dan sebenarnya, ada banyak pihak ketiga di sini, tapi akan terlalu rumit jika diceritakan. Pihak yang akan paling diuntungkan dari perang ini adalah kelompok Lucavi yang berencana menghidupkan kembali Ajora, dewa palsu yang disembah agama mayoritas di masa itu, untuk menguasai kerajaan.
Mengetahui kelompok Lucavi ini mendekati Dycedarg, Ramza kembali ke Istana Eagrose, kediaman Beoulve, dan mendapati Zalbaag bertengkar dengan Dycedarg. Zalbaag rupanya telah mengetahui berbagai rencana dan tindakan busuk sang kakak hingga keduanya berkelahi. Batu magis pemberian kelompok Lucavi kemudian berhasil memanfaatkan kerakusan dan ambisi Dycedarg lalu menguasai tubuhnya yang kemudian memunculkan wujud asli kekuatan batu magis itu sebagai monster Lucavi. Zalbaag kemudian, dalam bahasa yang sederhana, terbunuh dan Ramza mau tak mau berhadapan dengan Dycedarg yang telah berubah wujud. Lalu, itu tugas pemain untuk mengarahkan Ramza mengalahkan Dycedarg.

Di Game ini kita akan mendapatkan karakter karakter yang hampir semuanya memiliki kemampuan khusus. Tapi di awal game kita hanya akan mendapat teman karakter biasa denga job biasa, seperti Knight, Archer. Menariknya game ini kita dapat merubah rubah job pemain sesuai keinginan kita. Tapi khusus Ramza saya selalu posisikan sebagai Knight atau Monk. sedangkan yang lainya kebanyakan Monk yang mempunyai skill untuk menyembuhkan diri sendiri dan karakter disekitarnya. Selain itu ada pula Job Thief yang dapat mencuri armor, senjata, duit dari lawannya. selain itu Thief juga bisa mencuri hati lawan jenisnya. Jika lawan mempunyai armor diatas karakter kita usahakan untuk di curi karena bisa jadi armor itu unlimited atau tidak dijual bebas. Selain itu ada job Lancer yang senjatanya adalah tombak dan mempunyai range serangan 2 tiles. Untuk magic ada Job Wizard, Priest, Time Mage. Dan seperti Final Fantasy pada umumnya ada pula Summon yang dapat dipanggil melalui Job Summoner. Skil dari masing masing job dapat diperoleh dengan membeli dari experience yang kita dapat jika kita menyerang atau melakukan skil. Ada satu job yang menjadi favorit saya yaitu Calculator. Job ini dapat menggunakan semua magic dari Wizard, Priest, Time Mage dengan tanpa menggunakan Magic Point satupun. Serta serangannya pun tidak sebatas wilayah seperti pada job magician pada umumnya. Bisa semua karakter kena magic dan bisa pula hanya musuh yang kena magicnya. Meski jarak musuh berjauhan tetap bisa kena magic range seperti thundaga dll. Untuk Boss di FF Tactics semua berasal dari batu berwarna yang dipegang oleh pemiliknya. Ada yang sulit ada yang sangat mudah untuk mengalahkannya. Tapi jika kita mempunyai Skill Calculkator akan sangat mudah bagi kita untuk mengakhiri sebuah pertarungan, terlepas dari kita mengabaikan amor atau accesories lawan yang umunya menggoda untuk dicuri. Berikut Job Job dalam FF Tactic bisa dilihat di http://finalfantasy.wikia.com/wiki/List_of_Final_Fantasy_Tactics_Jobs  


Share on Google Plus

About This my blog

1 komentar: